Minat belajar adalah suatu sistem, metode dan teknik baik yang dikuasai oleh siswa dan siswi tentang materi pengetahuan atau materi belajar mana yang memang ia sukai dan juga gemari, untuk menjadikannya menjadi efektif dan efisien disaat seperti ini yang memang mengharuskan seluruh siswa menghabiskan waktu belajarnya dirumah tentunya kita sebagai orang tua baik wali murid harus bisa menumbuhkan rasa minat belajar tersebut pada anak. Sehingga siswa dan siswi tetap semangat dalam menjalani aktivitas dan kegiatan belajarnya meskipun dilakukan hanya di lingkungan rumah.

Namun secara umum meningkatkan minat belajar pada anak memang tidaklah mudah, harus ada banyak cara dan strategi pembelajaran untuk membantu anak menjadi lebih baik dan lebih mandiri dalam belajar dirumah. Siswa dan siswi pun akan belajar bagaimana mengembangkan, menerapkan belajar, dan keterampilan untuk bisa terus meningkatkan pembelajaran dan prestasi di sekolah meskipun melalui daring/online. Program pembelajaran yang dibentuksesuai minat anak ini membantu siswa dan siswi untuk membangun kepercayaan diri dan motivasi untuk mengejar peluang untuk sukses di sekolah menengah dan jenjang pendidikan selanjutnya dengan terbiasa serta lebih mandiri.

 Adapun beberapa cara untuk meningkatkan minat belajar pada anak dirumah yang meliputi 5 aspek yaitu :

1. Orang tua mengetahui minat belajar anak

Hal pertama yang harus di lakukan adalah  mengetahui minat anak. Dengan mencoba meluangkan waktu bersama anak untuk mengetahui apa yang paling menarik baginya dapat membantu kita untuk mengetahui kemampuan kreatifitasnya dan minat belajar anak.

2. Memberikan penghargaan atas prestasinya

Jika diberi penghargaan atas pencapaian yang telah dilakukan seorang anak pasti akan senang. Itu menandakan semua kerja kerasnya tidak berakhir sia-sia sehingga ia merasa layak untuk mendapatkan penghargaan.

3. Memberikan contoh agar anak terinspirasi dalam belajar

Menginspirasi anak merupakan hal yang penting untuk meningkatkan minat belajar anak. Jika anak sudah terinspirasi maka ia akan fokus untuk menjadi apa yang ia insipirasikan. Sehingga menambah minat belajarnya.

4. Memberikan metode belajar yang memudahkan anak

Untuk memudahkannya dengan belajar lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat. Semua ini tergantung dengan tipe belajar masing-masing anak, bila ia tipe yang visual maka sebaiknya gunakan mindmap atau gambar, bila ia tipe yang auditori maka gunakan kegiatan seperti berdiskusi dengan anak, dan jika anak memiliki tipe kinestetik cobalah untuk mempraktekannya secara langsung.

5. Membuat tugas-tugas menjadi lebih sederhana

 Jika ada tugas untuknya, coba jelaskan secara jelas dan sederhana, sehingga anak dapat mudah mengerti apa yang ia harus kerjakan. Serta ia menjadi semangat mengerjakannya karena ia menganggap perkerjaannya mudah dilakukan.

 

Nah itu dia cara meningkatkan minat belajar pada anak ya sobat Ar-Rudho 😊

Yuk terus ikuti untuk berbagai informasi dan pengetahuan dari kami dengan cara Follow Social Media berikut ini ya :

 

Instagram : @smpitarrudho
Facebook : @smpislamterpaduarrudho
Youtube : SMPIT AR-RUDHO
Telephone : 081318784004 / 021-8649354

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu
  • Lembaga Pendidikan Islam Ar-Ridho yang membawahi beberapa satuan Unit Pendidikan, antara lain:
  • Madrasah Diniyah, TK Islam Terpadu dan SD Islam Terpadu AR-RIDHO
  • Selamat datang peserta didik TKIT & SDIT AR-RIDHO. Selamat belajar mencari ilmu, mengejar cita-cita.
  • Tetap sayangi teman, hormat dan patuh pada guru dan orang tua. Jangan lupa selalu berdoa pada Allah yang maha berilmu.
toggle