Pembelajaran Al-Quran adalah sebuah proses yang dilakukan untuk menciptakan manusia-manusia yang seutuhnya, beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Serta mampu mewujudkan eksistensinya sebagai khalifah Allah di muka bumi ini, yang berdasarkan ajaran di dalam al-Qur’an.

Pentingnya pembelajaran al-Qur’an untuk membina kita agar mampu  menjelaskan  fungsinya  sebagai  hamba  Allah swt  Dan khalifahnya.  Pembinaan itu  meliputi  jasmani ,akal dan jiwa .Pembinaan akal menghasilkan, Pembinaan jiwanya menghasilkan kesucian dan etika sedangkan pembinaan jasmani  menghasilkan ketrampilan dengan  menggabungkan  unsur-unsur tersebut  terciptalah makhluk dwi dimensi yaitu dunia dan akhirat, ilmu dan iman Yang dikenal dalam pendidikan Islam dengan istilah Adab Ad-Din dan Adab Al-Danya.

Adapun Prinsip pembelajaran al-Qur’an, perencanaan atau pengembangan pembelajaran yang hendak memilih, menetapkan dan mengembangkannya perlu memahami prinsip-prinsip pembelajaran yang mengacu pada teori belajar dan pembelajaranya. diantaranya prinsip-prinsip belajar dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu:

  • Prinsip Kesiapan

Proses belajarnya sangat dipengaruhi oleh kesiapan kita yang memungkinkan dapat melakukan belajar. Kesiapan belajar yaitu dengan kondisi fisik-psikis dan jasmani-rohani kita yang memungkinkan dalam melakukan pembelajaran.

 

  • Prinsip motivasi

Motivasi dapat diartikan sebagai tenaga pendorong atau pendidik yang menyebabkan adanya tingkah laku kearah tujuan tertentu. motivasi dapat dibagi menjadi dua yaitu: pertama, motivasi Intrinstik motivasi yang datang dari dalam diri kita tanpa ada campur tangan pihak luar. Kedua motivasi ekstrinsik yang berasal dari luar diri kita yang menyebabkan kita menjadi termotivasi untuk melakukah yang berhubungan dengan motivasi tersebut.

 

  • Prinsip perhatian

perhatian dapat membuat kita untuk mengarahkan diri pada tugas yang akan diberikan, melihat masalah yang akan diberikan, memilih dan memberikan fokus pada masalah yang harus diselesaikan dan mengabaikan hal-hal yang tidak relevan.hal penting yang perlu kita ingat bahwa suasana gaduh pelajaran yang menjenuhkan, mudah sekali menghilangkan perhatian. Oleh sebab itu kita perlu cara atau metode untuk mengatasi masalah tersebut.

 

  • Prinsip persepsi

proses yang bersifat kompleks menyebabkan seseorang bisa menerima atau meringkas informasi yang di peroleh di lingkungan. Persepsi bersifat relative, selektif dan teratur. Oleh karena itu, sejak dini kita perlu tanamkan rasa memiliki persepsi yang baik dan akurat mengenai apa yang akan dipelajari.

 

  • Prinsip pengulangan

Retensi yaitu apa yang tertinggal dan dapat di angkat kembali setelah seseorang mempelajari sesuatu. Dengan retensi membuat apa yang kita pelajari dapat bertahan dan teringgal lebih lama dalam setruktur koknitif dan dapat di ingat kembali jika di perlukan. Oleh karena itu, retensi sangat menentukan hasil yang diperoleh dalam pembelajaran.

 

Yuk terus ikuti dan dapatkan untuk informasi lainnya jangan lupa untuk follow social media berikut ini ya:

Instagram : @arridho.id
Facebook : @arridho.id
Youtube : Lembaga Pendidikan Islam AR-RIDHO
Telephone : 081218437382

 

 

 

 

2 Comments. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu
  • Lembaga Pendidikan Islam Ar-Ridho yang membawahi beberapa satuan Unit Pendidikan, antara lain:
  • Madrasah Diniyah, TK Islam Terpadu dan SD Islam Terpadu AR-RIDHO
  • Selamat datang peserta didik TKIT & SDIT AR-RIDHO. Selamat belajar mencari ilmu, mengejar cita-cita.
  • Tetap sayangi teman, hormat dan patuh pada guru dan orang tua. Jangan lupa selalu berdoa pada Allah yang maha berilmu.
toggle