Toleransi adalah cara menghargai dan menerima perbedaan atas berbagai perilaku, budaya, agama, dan ras yang ada di dunia ini. Toleransi juga dianggap bagi bangsa dengan berbagai macam latar belakang mulai dari suku, agama dan ras seperti yang ada di Negara kita ini yaitu Indonesia. Toleransi dibutuhkan pada sesama agar bisa saling membantu satu sama lainnya tanpa memandang siapa dan apa suku, agama, ras dan antar golongan.

Menerima perbedaan dengan sesama antara suku, agama dan kebudayaan dapat dimulai dengan lingkungan sekitar terlebih dahulu. Buat lingkungan anak dan keluarga menjadi nyaman, tentram dan aman. Kemudian, sampaikan kepada saudara yang lainnya bahwa hal ini penting untuk dilakukan

Selain itu, penanaman nilai toleransi sejak dini juga akan mendorong anak belajar bekerja sama dan menerima keragaman di sekitarnya. Yuk sobat Ar-Ridho simak tips membangun sikap toleransi pada anak berikut ini :

1.Tanamkan cinta kasih pada anak

Anak-anak membutuhkan arahan untuk berperilaku baik, termasuk bersikap toleran, bukan dimarahi atau disalahkan. Orang tua sebaiknya menanamkan pikiran kepada anak selalu ada rasa cinta kasih dalam kehidupan ini.

2. Menerima dan menghargai perbedaan anggota keluarga di rumah

Orang tua mestinya menerima keadaan anak dengan tidak memaksakan sifat, gaya bicara, dan kemampuan berpikirnya dengan orang lain. Orang tua juga sebaiknya mengarahkan anak untuk menghargai diri sendiri dan bersikap tenggang rasa terhadap sikap dan nilai yang dimiliki anggota keluarga yang lainnya.

3. Menjadi teladan yang cukup baik

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang dewasa di sekitarnya terutama adalah orang tuanya sendiri. Karena itu, untuk menumbuhkan sikap toleran kepada anak, orang tua harus menunjukkan tindakan yang baik, misalnya berbicara dengan ramah kepada asisten rumah tangga, penjaga keamanan, atau kasir di toko swalayan.

4. Menjawab dengan bijaksana ketika anak menanyakan perbedaan antara dirinya dan orang lain

Kadang kala, orang tua berhadapan dengan situasi di mana anak-anak menanyakan pertanyaan sensitif dan orang tua harus menjawab dengan bijaksana. Misalnya, ketika bertemu penyandang disabilitas di panti rehabilitasi atau di jalanan, maka orang tua sebaiknya menjelaskan dengan baik tanpa melekatkan stereotip tertentu kepada mereka. Orang tua sebaiknya menjawab dengan jujur dan mengajak anak untuk saling menghargai keberagaman tersebut.

5. Pilih acara TV, film, gim dan cerita yang memuat konten menghargai perbedaan


Beberapa acara TV, film, cerita anak, atau gim mengandung konten yang tidak ramah terhadap suku, agama, atau pun ras tertentu. Karena itu, orang tua sebaiknya mengawasi tontonan atau gim anaknya agar ia tidak terlalu dini terpapar konten yang diskriminatif terhadap golongan tertentu. 

6. Berikan anak kesempatan untuk bermain dan berinteraksi dengan berbagai jenis orang yang berbeda.

Orang tua dapat mendorong anak untuk berpartisipasi di komunitas olahraga, klub seni, dan aktivitas lainnya. Berpartisipasi aktif di kegiatan sosial akan mempertemukan anak dengan pelbagai jenis orang dengan latar belakang beragam. Interaksi dengan banyak orang yang dilakukan sejak dini akan membuat pikiran anak terbuka dan cenderung lebih mudah menghargai orang lain.

7. Belajar bersama mengenai budaya, adat istiadat, dan tradisi lain.

Sikap intoleran biasanya muncul dari kurangnya pengetahuan terhadap budaya, tradisi, dan kehidupan orang lain. Dengan mengenal budaya dan tradisi orang lain, serta mempelajarinya bersama anak dapat menumbuhkan sikap tenggang rasa dan penghargaan terhadap keragaman adat istiadat di dunia ini.

Nah itu dia tips untuk membangun sikap toleransi pada anak ya Sobat Ar-Ridho, semoga kita bisa membimbing dan menanamkan serta menjadi tauladan baik bagi putra dan putri yang soleh dan soleha J untuk informasi lainnya jangan lupa untuk follow social media berikut ini ya :

Instagram : @arridho.id
Facebook : @arridho.id
Youtube : Lembaga Pendidikan Islam AR-RIDHO
Telephone : 081218437382

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu
  • Lembaga Pendidikan Islam Ar-Ridho yang membawahi beberapa satuan Unit Pendidikan, antara lain:
  • Madrasah Diniyah, TK Islam Terpadu dan SD Islam Terpadu AR-RIDHO
  • Selamat datang peserta didik TKIT & SDIT AR-RIDHO. Selamat belajar mencari ilmu, mengejar cita-cita.
  • Tetap sayangi teman, hormat dan patuh pada guru dan orang tua. Jangan lupa selalu berdoa pada Allah yang maha berilmu.
toggle