Salam Dokcil ! Sehat, cerdas dan berakhlaq mulia.

1

Dokter kecil atau yang biasa disebut dokcil adalah peserta didik yang memenuhi kriteria dan telah serta terlatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungan. Kepala Sekolah SDIT Ar-Ridho dalam sambutannya mengatakan, pembinaan Dokcil ini harus dilakukan secara kontinyu dan mendapat perhatian lebih.

Sebagai apresiasi sekolah bagi peserta didik yang berprestasi kegiatan Dokcil yang dilakukan oleh SDIT Ar-Ridho secara khusus mempunyai tujuan agar peserta didik dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah, di rumah dan lingkungannya serta agar peserta didik dapat menolong dirinya sendiri, sesama teman dan orang lain untuk hidup sehat.

Kegiatan yang masuk dalam ekstrakurikuler yang dimulai sejak tahun 2004, Para calon dokcil ini yang telah memenuhi syarat akan dibina dan dididik serta dilatih selama 2 hari 1 malam bertempat diluar kota, dimana kriteria peserta calon dokcil adalah :

2

  1. Siswa kelas 3, 4 dan 5.
  2. Berprestasi
  3. Berbadan sehat.
  4. Mempunyai jiwa pemimpin dan bertanggung jawab.
  5. Berakhlaq mulia.
  6. Suka menolong.
  7. Izin orang tua

Dalam perjalanannya Dokcil SDIT Ar-Ridho telah mengikuti berbagai lomba dan salah satunya telah menjuarai Lomba Dokcil Tingkat DKI Jakarta dengan hasil JUARA I.  Kegiatan ini terprogram dan terstruktur dengan baik dibawah binaan Siti Ragilia, A.Md sehingga dalam perjalanannya banyak yang sudah dilakukan oleh para dokcil ini diantaranya :

3

  • Adanya pembinaan secara rutin setiap Jum’at
  • Membantu kegiatan UKS dalam melaksanakan pelayanan kesehatan, yaitu pemeriksaan kesehatan umum dan gigi bagi para peserta didik disekolah.
  • Membantu kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah
  • Pemeriksaan Jentik nyamuk.
  • Pengawasan terhadap jajanan.
  • Pengamatan kebersihan dan kesehatan pribadi.
  • Membantu petugas kesehatan
  • Mengikuti kegiatan kompetisi.
  • Melaporkan hal-hal khusus yang ditemuinya kepada Pembina dan Kepala Sekolah.

4

Alhamdulillah pada tanggal 28 Juli dan 4 Agustus 2017 peserta didik dokter kecil SDIT Ar-Ridho mendapat pelatihan dari Sudinkes Jakarta Timur yang bertujuan untuk meningkatkan upaya kesehatan pada anak sekolah, para peserta dibekali materi mengenai Kesehatan Lingkungan, Penyakit menular yang bersumber dari manusia dan binatang, Program UKS/Program Dokter Kecil, Pengetahuan Dasar Kesehatan Jiwa Anak Sekolah, Kesehatan Pribadi, Gizi, Kesehatan Gigi dan mulut, Pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), Pengenalan dan Pencegahan Penyakit, Imunisasi, Kesehatan mata, Penyalah gunaan NAPZA, Pengenalan dini Resiko Bencana dan Teknik Komunikasi. Selain diberikan materi secara teori, juga diberikan kesempatan simulasi dan praktik. Pada Pelatihan ini dilakukan Pre Test dan diakhiri dengan Post Test. Narasumber dari pelatihan ini dr. Dina, Sri Murwati, SKM, Ns. Herawati, S.Kep dan Dr. Rian.  Peserta terdiri dari kelas 3, 4 dan 5 berjumlah 35 orang. Pada pelatihan ini para dokcil dibekali tugas dan kewajiban dokter kecil, yaitu:

  1. Selalu bersikap dan berperilaku baik.
  2. Dapat menggerakkan sesama teman-teman peserta didik untuk bersama-sama menjalankan usaha kesehatan terhadap dirinya masing-masing.
  3. Berusaha bagi tercapainya kesehatan lingkungan yang baik di sekolah maupun di rumah.
  4. Membantu guru dan petugas kesehatan pada waktu pelaksanaan pelayanan kesehatan di sekolah.

5

Semoga para dokcil SDIT Ar-Ridho senantiasa mendapat perlindungan dari Allah SWT, dokcil yang sholeh dan sholehah, serta tercapainya cita-cita mejadi dokter. Amiin

Salam Ar-Ridho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu
  • Lembaga Pendidikan Islam Ar-Ridho yang membawahi beberapa satuan Unit Pendidikan, antara lain:
  • Madrasah Diniyah, TK Islam Terpadu dan SD Islam Terpadu AR-RIDHO
  • Selamat datang peserta didik TKIT & SDIT AR-RIDHO. Selamat belajar mencari ilmu, mengejar cita-cita.
  • Tetap sayangi teman, hormat dan patuh pada guru dan orang tua. Jangan lupa selalu berdoa pada Allah yang maha berilmu.
toggle