Ada banyak cara bagi umat Muslim untuk menjadi manusia yang disayangi oleh Allah SWT. Bukan berarti Allah SWT tidak menyayangi kita, ya. Tapi, jika kita melakukan perbuatan baik dan amalan saleh selama di dunia, Allah SWT akan semakin menyayangi kita sebagai umat-Nya.

Allah SWT menciptakan manusia untuk tujuan yang mulia, yaitu mengabdi dan beribadah kepada-Nya. Sebagai manusia, kita tentu mau dong meraih keselamatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat? Untuk mewujudkan itu, kita perlu melakukan amalan-amalan yang akan menuntun kita meraih hal itu. Seorang hamba wajib mengimani dan melaksanakan semua syariat-Nya yaitu Alqur’an dan Sunnah Nabi ditambah ijtihad para ulama.

Sebagaimana dalam firman-Nya, “Sesungguhnya yang paling mulia di antara kalian di sisi Allah adalah orang yang paling bertaqwa“. (QS Al-Hujurat:13)

Amalan adalah sunnah apa-apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw yang sesuai dengan ajaran agama kita yaitu islam, mulai dari  melalui perlakuan, perbuatan, percakapan dan ikrar Baginda. Sunnah juga bermaksud, sesiapa yang melaksanakannya beroleh pahala dan tiada dosa bagi yang meninggalkannya.

Berbicara tentang amal saleh, ada banyak amalan yang bisa mendatangkan ridha Allah. Selain menghidupkan lima pokok rukum Islam, umat Islam harus melaksanakan apa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Berikut merupakan 5 amalan sunnah yang mudah dan boleh dijadikan sebagai amalan seharian kita, iaitu :

  1. Melaksanakan Shalat Tepat Waktu

Amalan pertama yang paling disukai oleh Allah SWT adalah melaksanakan salat wajib tepat waktu. Jangan pernah menganggap remeh hal ini karena salah bisa dikatakan sebagai pembeda antara seorang Muslim dan non-Muslim. Terlebih lagi, ini adalah amalan yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat.

Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nisa ayat 103 yang artinya:

Sesungguhnya salat memiliki waktu yang telah ditetapkan bagi orang beriman.”

 

  1. Berbakti Kepada Orang Tua

Amalan lainnya yang paling dicintai Allah SWT adalah berbakti kepada orang tua. Ini adalah bentuk kewajiban yang harus dilakukan seorang anak untuk membalas segala jasa-jasa orang tua mereka.

Allah SWT berfirman  : “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua”. (QS. An-Nisa: 36).

 

  1. Sebelum Tidur

Sebelum tidur disunnahkan untuk menutup pintu, tingkap, memadamkan api dan lampu, berwuduk, bermuhasabah diri, mengibas-ngibas tempat pembaringan sebanyak 3 kali dan berbaring miring sebelah kanan.

 

  1. Bangun dari Tidur

Setelah bangun tidur, disunatkan untuk mengusap wajah dengan tangan, seperti sabda Nabi saw; “Rasulullah bangun tidur kemudian duduk sambil mengusap wajahnya dengan tangannya.”Hadis Riwayat Muslim Kemudian, membaca doa; “Alhamdulillahillazi ahyana ba’da ma amatana wa ilaihinnusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami dimatikanNya dan kepadanNyalah kami dikembalikan). – Hadis Riwayat Bukhari.

  1. Masuk dan Keluar Toilet

Masuk dengan kaki kiri dan membaca doa ; “Allahumma inni a’uzubika minal khubusi wal khaba’is (Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadau dari godaan syaitan lelaki dan perempuan).”

Hadis riwayat Bukhari Dan Muslim Keluar dengan kaki kanan sambil membaca doa; “Ghufranak (Aku memohon ampun kepadaMu).”Hadis Riwayat An-Nasa’ie

  1. Ketika Masuk dan Keluar Rumah

Ketika hendak keluar dari rumah, disunatkan untuk membaca : “Bismillahi tawakkaltu alallah, wa la haula wala quwwata illa billah (Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Dan tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah).”

 

Hadis Riwayat Abu Daud, At-Tirmizi.

Manakala ketika hendak masuk ke dalam rumah pula, disunatkan untuk mengucapkan bismillah, memperbanyakkan zikir kepada Allah dan mengucapkan salam sama ada rumah tersebut ada orang atau tidak.

Ini kerana syaitan akan berkongsi tempat tinggal dengan kita, apabila penghuninya tidak menyebut nama Allah ketika memasukinya.

  1. Ketika Makan dan Minum

Sebelum dan selepas makan, disunatkan untuk berdoa. Apabila terlupa membaca doa sehingga makanan sudah habis dimakan, ucapkanlah, “Dengan nama Allah pada awal dan akhirnya.                                  ”Hadis Riwayat Abu Daud Dan At-Tirmizi. Antara sunnah ketika makan dan minum ialah memulakan dengan menggunakan tangan kanan dan mengambil makanan yang paling hampir dengan kita. Tidak meniup makanan atau minuman, menjilat jari-jemari untuk membersihkan sisa makanan, tidak mencela makanan apabila tidak menyukainya, tidak membazir, duduk dengan sopan atau bersimpuh.

 

 

  1. Mengucap Salam dan Bersalaman

Apabila bertemu dengan sesama Muslim, disunatkan untuk kita mengucapkan salam, “Assalamualaikum atau Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh”, sama pada orang yang kita kenal atau tidak. Kemudian, bersalam-salaman.

Hal ini seperti sabda Baginda saw;

“Keutamaan dalam Islam adalah dengan memberi makan dan mengucapkan salam pada orang yang kamu kenali atau tidak kenal.”

Hadis Riwayat Bukhari Dan Muslim

“Kedua orang muslim yang bertemu kemudian bersalaman, maka diampuni dosanya sebelum keduanya berpisah.”

Hadis Riwayat Abu Daud, At-Tirmizi Dan Ibnu Majah.

  1. Senyum

Senyum merupakan ‘sedekah’ yang paling mudah untuk dilakukan oleh setiap orang, dan Rasulullah saw adalah orang yang paling pemurah dengan senyuman yang tak lekang di wajahnya. Hal ini membuatkan orang sekeliling senang padanya.

Abdullah bin al-Harith r.anhu berkata,

“Aku tidak pernah melihat seseorang yang lebih banyak tersenyum daripada Rasulullah SAW.”

Hadis Riwayat At-Tirmizi

 

  1. Berdzikir

Amalan berzikir juga merupakan perkara kebiasaan yang dilakukan oleh Baginda Nabi SAW. Bahkan, lidah Baginda tidak lekang memuji nama-nama Allah yang indah tidak mengira waktu. Selain menggunakan lisan atau lidah, kita juga boleh berzikir melalui hati sama ada ketika berdiri, duduk atau berbaring.

Sesungguhnya, dengan berzikir akan membuatkan hati kita tenteram, seperti firman Allah swt; “Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah, maka hati menjadi tenteram.” Ar- Ra’d : 28

Demikianlah 10 amalan yang paling mudah dilakukan sobat Ar-Ridho, semoga kita semua bisa mengamalkannya bersama ya J

Yuk terus ikuti dan dapatkan untuk informasi lainnya jangan lupa untuk follow social media berikut ini ya:

Instagram : @arridho.id
Facebook : @arridho.id
Youtube : Lembaga Pendidikan Islam AR-RIDHO
Telephone : 081218437382

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu
  • Lembaga Pendidikan Islam Ar-Ridho yang membawahi beberapa satuan Unit Pendidikan, antara lain:
  • Madrasah Diniyah, TK Islam Terpadu dan SD Islam Terpadu AR-RIDHO
  • Selamat datang peserta didik TKIT & SDIT AR-RIDHO. Selamat belajar mencari ilmu, mengejar cita-cita.
  • Tetap sayangi teman, hormat dan patuh pada guru dan orang tua. Jangan lupa selalu berdoa pada Allah yang maha berilmu.
toggle