Memiliki anak yang rajin mendirikan salat tentu sangat menyejukan hati orangtua mana pun. Di mana ada harapan kelak dia akan terjaga dari akhlak buruk karena salat.

Sementara salat adalah ibadah yang harus ditunaikan umat muslim. Tapi sayangnya tidak mudah mengajarkan anak-anak untuk mulai bisa menjalankan salat lima waktu sedari dini.

Padahal sebagai orangtua sudah hampir setiap waktu mengingatkan mereka salat, namun sebagian anak masih enggan untuk melakukannya.

Berikut 5 hal yang menyebabkan anak malas sholat :

Teladan orang tua yang tidak baik

Orang tua sangat berperan penting dalam mendidik anak-anaknya. Mulai dari perkataan dan juga perbuatan yang ditunjukkan kepada anak akan menjadi pelajarang buat sang anak. Orang tua bisanya hanya merintah anak untuk shalat tetapi tidak ikut mempraktekkan shalat akan berarti sia-sia.

Terlalu padat aktifitas

Anak yang terlalu padat aktifitas dan selalu kelelahan berlebih setiap hari bisa menjadikan anak malas sholat. Sebaiknya anak usia sekolah dasar tidak dibebankan dengan aneka aktifitas yang bukan porsinya. Walaupun demikian, jika memang aktifitas tersebut tidak bisa dihindari, berikan motivasi dan pengertian pada anak tentang manfaat sholat. Sholat menjadikan tubuh dan pikiran menjadi segar, sholat hanya membutuhkan waktu dalam hitungan menit namun bisa menjaga kesehatan tubuh setiap hari.

Keasyikkan bermain

Semua anak senang bermain termasuk main HP dan menonton TV, bahkan sebagian dalam kesehariannya di habiskan hanya untuk bermain HP. Bermain tidak hanya membuat anak lupa waktu tetapi juga lupa waktu makan, apa lagi jika sudah keasyikkan bermain dengan teman-temannya.

Tidak terbiasa

Salah satu penyebab anak yang malas menunaikan ibadah salat adalah tidak dibiasakan salat sejak anak masih usia dini. Apabila anak sudah dibiasakan shalat sejak masih kecil pasti anak akan terbiasa melakukan salat tanpa di perintah sedikit pun.

Lingkungan yang tidak mendukung

Lingkungan juga berpengaruh mendorong malasnya anak menunaikan ibadah salat. Mulai dari lingkungan keluarga ataupun lingkungan dari teman-temannya. Anak lebih mudah mengikuti alur dari lingkungan tersebut, apabila disekitarnya mengajarkan hal yang buruk, maka akan ditiru dan diingat oleh sang anak.

Yuk terus ikuti dan dapatkan untuk informasi lainnya jangan lupa untuk follow social media berikut ini ya :

Instagram : @arridho.id
Facebook : @arridho.id
Youtube : Lembaga Pendidikan Islam AR-RIDHO
Telephone : 081218437382

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu
  • Lembaga Pendidikan Islam Ar-Ridho yang membawahi beberapa satuan Unit Pendidikan, antara lain:
  • Madrasah Diniyah, TK Islam Terpadu dan SD Islam Terpadu AR-RIDHO
  • Selamat datang peserta didik TKIT & SDIT AR-RIDHO. Selamat belajar mencari ilmu, mengejar cita-cita.
  • Tetap sayangi teman, hormat dan patuh pada guru dan orang tua. Jangan lupa selalu berdoa pada Allah yang maha berilmu.
toggle