Sahur adalah kegiatan yang biasa kita lakukan disaat bulan Ramadhan tiba, aktivitas makan yang dilakukan pada dini hari bagi yang akan menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan. Sahur juga disebut sebagai makan pagi yang cocok dengan makan malam selama Ramadhan, yang mana menggantikan makan tiga kali sehari (sarapan, makan siang dan makan malam).

Sahur dianggap bermanfaat karena memungkinkan orang yang berpuasa untuk menghindari rasa malas atau kelemahan yang disebabkan oleh puasa. Lalu bagaimana caranya agar kita tetap kuat menahan lapar selama puasa ? Adapun kita bisa memilih menu-menu sahur yang sehat dan tepat untuk bisa memenuhi kebutuhan gizi kita selama berpuasa.

Yuk kita simak menu sahur penguat tahan lapar selama puasa dibawah ini sobat Arridho :

1. Udang

Udang adalah seafood yang mengandung gizi cukup tinggi. Di dalamnya terdapat kandungan vitamin B12 yang membantu proses metabolisme tubuh. Ada pula kandungan asam lemak omega 3 yang berperan sebagai antioksidan sekaligus meningkatkan energi tubuh. Udang ini termasuk makanan rendah kalori.

2. Bayam

Makanan andalan Popeye ini juga cocok dijadikan menu sahur karena bisa membantu proses produksi energi. Sebagaimana dijelaskan dalam penelitian di Swedia bahwa bayam mengandung senyawa nitrat yang berperan meningkatkan efisiensi mitokondria. yang bertugas menghasilkan energi dalam tubuh. Oleh karenanya, jika kamu mengonsumsi bayam maka badanmu akan terasa lebih bertenaga.

3. Oatmeal

Kita bisa mencoba menjadikan oatmeal sebagai makanan sahur pengganti nasi putih. Selain rendah gula, oatmeal yang terbuat dari gandum ini juga merupakan sumber energi bagi tubuh. Oatmeal mengandung karbohidrat dan serat cukup tinggi yang membuat Kamu merasa kenyang lebih lama. Kandungan vitamin B-nya juga membantu proses produksi energi lebih optimal. Jadi, kamu pun gak gampang lemes saat berpuasa.

menu sahur

4. Ikan

Ikan sarden, salmon, tuna, makarel dan sejenisnya. Minyak ikan merupakan sumber potein yang lengkap, mengandung asam lemak omega-3, vitamin B dan vitamin D.

Kandungan-kandungan tersebut berperan dalam meningkatkan energi dalam tubuh, sehingga efeknya badan jadi tidak mudah kelelahan, sekali pun dalam kondisi berpuasa.

5. Pisang

Sebelum mengonsumsi menu utama, sebagai appetizer makanlah buah pisang. Buah ini kaya vitamin, serat dan vitamin B yang membantu mempromosikan energy dalam jangka waktu panjang. Jika kamu malas mengonsumsinya secara langsung, maka  bisa juga  mengolahnya sebagai kolak.

6. Telur

Selain kaya protein yang berguna untuk pembentukan otot, telur juga merupakan salah satu makanan sumber energi. Hal itu dikarenakan kandungan vitamin B kompleks dan vitamin D-nya yang cukup tinggi.

7. Kurma

Umumnya orang mengonsumsi kurma sebagai takjil ketika berbuka. Padahal kurma ini juga bagus lho dimakan buat santapan sahur. Hal itu dikarenakan kurma kaya mineral dan gula alami yang bisa mendongkrak energi dalam tubuh. Jadi usahakan ngemil kurma seengaknya 5 butir setelah makan sahur.

Nah itu dia sobat Ar-Ridho beberapa menu sahur penguat tahan lapar selama puasa, semoga kita tetap semangat menjalankan ibadah puasa ini ya dengan sehat dan juga semangat sampai finish dihari kemenangan nanti J

Yuk terus ikuti dan dapatkan untuk informasi lainnya jangan lupa untuk follow social  media berikut ini ya :

Instagram : @arridho.id
Facebook : @arridho.id
Youtube : Lembaga Pendidikan Islam AR-RIDHO
Telephone : 081218437382

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu
  • Lembaga Pendidikan Islam Ar-Ridho yang membawahi beberapa satuan Unit Pendidikan, antara lain:
  • Madrasah Diniyah, TK Islam Terpadu dan SD Islam Terpadu AR-RIDHO
  • Selamat datang peserta didik TKIT & SDIT AR-RIDHO. Selamat belajar mencari ilmu, mengejar cita-cita.
  • Tetap sayangi teman, hormat dan patuh pada guru dan orang tua. Jangan lupa selalu berdoa pada Allah yang maha berilmu.
toggle