Disiplin adalah sikap yang diartikan sebagai kepatuhan terhadap peraturan dan tunduk pada pengawasan. Disiplin juga merupakan latihan yang bertujuan mengembangkan diri agar dapat berperilaku tertib. Perkataan disiplin mempunyai arti kepatuhan kepada aturan.

Dengan melaksanakan disiplin, berarti semua pihak dapat menjamin kelancaran berbagai aktivitas, antara lain belajar, bekerja, berusaha, dan lain-lain. Dari disiplin, akan melahirkan mental yang kuat dan tidak mudah menyerah walaupun dalam kondisi sulit sekalipun.

Seiring pertumbuhan dan perkembangan anak, demikian pula perilaku mereka. Para pakar mengatakan, cara terbaik untuk menerima perubahan perilaku anak adalah dengan memandang sesuatu dari sudut pandang anak-anak sesuai tahapan usianya. Pemahaman tersebut akan membantu mendisiplinkan anak tanpa harus berteriak, mengancam, atau sampai membuat anak menjadi merasa kesal.

Scott Wooding, psikolog anak di Calgary, Kanada, dan penulis buku The Parenting Crisis, mengatakan, “Disiplin adalah tentang membimbing dan mengajarkan anak. Ini bukan tentang hukuman atau kemarahan. Disiplin adalah cara membantu anak-anak belajar mengetahui yang salah dan yang benar, dan membuat mereka merasa tetap aman.”

Pentingnya mengajarkan kedisiplinan pada anak sejak usia dini juga bisa kita terapkan sebagai orang tua kepada anak. Berikut ini adalah 4 cara mengenalkan pentingnya kedisiplinan pada anak – anak :

1. Menerapkan Aturan

Cara terbaik untuk meletakkan dasar disiplin adalah membuat semua aturan di rumah terasa sederhana dan jelas. Contohnya, “Tidak boleh memukul,” atau, “Tidak boleh naik-naik ke meja.”

2. Konsisten

Anak-anak senang menguji Anda, dan tanpa konsistensi, aturan-aturan akan sangat mudah dirobohkan. Jika Anda teguh dengan aturan-aturan yang sudah dibuat, pada akhirnya anak akan menyadari bahwa tingkah polahnya yang tidak Anda sukai mempunyai konsekuensi yang dia tidak suka.

Pentingnya mengajarkan kedisiplinan pada anak sejak usia dini

3. Miliki Empati

Tunjukkan kepada anak bahwa Anda tahu perasaannya. “Mama tahu bagaimana kesalnya kamu. Mama juga ingin, sih, bisa bermain di taman sepanjang hari, tetapi….” Tahu bahwa Anda memahami dia, akan membuat anak lebih tenang.

4. Berikan Pujian

Bentuk disiplin yang paling kuat adalah memberikan pujian terhadap perilaku baik, dan ini berlaku untuk semua usia anak. Makin sering dipuji, anak makin kuat keinginannya untuk berperilaku baik.

Nah itu dia cara sederhana yang mungkin bisa kita lakukan sebagai orang tua untuk membantu menerapkan sikap disiplin pada anak. Dengan mengembangkan batas-batasan, kita sudah mengenalkan kepada anak tentang kenyataan yang terjadi di dunia atau kehidupan sehari-hari, yang punya banyak sekali peraturan. Dan, meningkatkan sikap respect yang sehat terhadap anak, insyaallah semoga kita semua selalu dikaruniai anak-anak yang sholeh dan sholehah.

Yuk terus ikuti dan dapatkan untuk informasi lainnya jangan lupa untuk follow social media berikut ini ya :

Instagram : @arridho.id
Facebook : @arridho.id
Youtube : Lembaga Pendidikan Islam AR-RIDHO
Telephone : 081218437382

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu
  • Lembaga Pendidikan Islam Ar-Ridho yang membawahi beberapa satuan Unit Pendidikan, antara lain:
  • Madrasah Diniyah, TK Islam Terpadu dan SD Islam Terpadu AR-RIDHO
  • Selamat datang peserta didik TKIT & SDIT AR-RIDHO. Selamat belajar mencari ilmu, mengejar cita-cita.
  • Tetap sayangi teman, hormat dan patuh pada guru dan orang tua. Jangan lupa selalu berdoa pada Allah yang maha berilmu.
toggle