Pendidikan Memasuki Era New Normal di tahun Ajaran Baru 2021

Siapkan Pendidikan Memasuki Era New Normal di tahun Ajaran Baru 2021

Sudah memasuki akhir tahun 2020 dan berbulan-bulan sudah duni termasuk Indonesia, berada dalam wabah yang melanda dunia yaitu Covid-19. Kondisi ini memaksa kita untuk tinggal di rumah, melakukan pekerjaan dari rumah, dan juga belajar dari rumah. Pemerintah pun mengambil kebijakan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh kepada seluruh lembaga pendidikan di Indonesia ini. Bahkan, ada pula guru-guru yang mendatangi peserta didiknya dari rumah ke rumah agar tetap terjalin dan berjalannya kegiatan belajar dan mengajar ini.

Tentunya banyak sekali hambatan dan rintangan dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh entah bagi murid dirumah maupun guru disekolah, namun semua itu harus tetap dilalui demi membelajarkan peserta didik yang memang mengharuskan melakukan jalannya kegiatan belajar melalui online atau daring. Namun dipenghujung akhir tahun ini rupanya pemerintah dan lembaga pendidikan sudah akan melakukan pendidikan secara langsung dan mulai kembali datang seperti biasanya ke sekolah.

Siapkah pendidikan masuk era new normal di tahun ajaran baru 2021? Pemerintah saat ini telah memberi wacana ” New Normal” termasuk kenormalan yang baru dalam bidang pendidikan. Kita memang sudah harus bisa menerima untuk bisa hidup berdampingan dengan Covid-19. Tentu banyak hal yang harus di persiapkan, agar new normal ini tidak menjadi masalah bagi setiap orang bahkan bagi siswa/siswi yang akan melaksanakan kegiatan belajarnya kembali pada sekolah dan bukan dirumah lagi secara daring. Oleh karena itu kita harus siap tidak siap menerima semua keputusan yang sudah dibuat untuk kegiatan belajar mengajar ditahun baru 2021 ini.

Menyiapkan sekolah era normal baru juga harus dilakukan dan disiapkan oleh pengelola sekolah, Berikut ini beberapa cara untuk siapkan pendidikan memasuki era new normal di tahun 2021sebagai berikut :

  • Membersihkan lingkungan sekolah dan menyemprotkan disetiap sudut dengan disinfektan
  • Melengkapi sarana dan prasarana pendukung untuk kegiatan mencuci tangan di setiap kelas dan kantin
  • Menyediakan Handsanitizer di beberapa bagian tempat disekolah
  • Mengundang orangtua/wali peserta didik, dan komite untuk mensosialisasikan gerakan new normal dan meminta dukungan dari orang tua dan komite sekolah.
  • Menerapkan serta mengontrol social distancing para peserta didik selama di dalam kawasan sekolah.
  • Melaksanakan proses pembelajaran dalam dua shift atau dua gelombang, pagi dan siang.
  • Kepala sekolah beserta wakil kurikulum dan kesiswaan, membagi jumlah peserta didik dalam satu kelas menjadi dua bagian.
  • Menjalin kerja sama dengan dinas kesehatan dan meminta tenaga kesehatan minimal perawat untuk berada di lingkungan sekolah setiap satu minggu sekali guna melakukan pemeriksaan peserta didik, dengan tujuan bila ada peserta didik menunjukkan gejala Covid-19 dapat segera dirumahkan.

Kurang lebih itulah beberapa cara untuk siapkan pendidikan memasuki era new normal ditahun 2021 yang akan datang ini sobat Ar-Ridho, Yuk terus ikuti dan dapatkan untuk informasi lainnya jangan lupa untuk follow social media berikut ini ya:

Instagram : @arridho.id
Facebook : @arridho.id
Youtube : Lembaga Pendidikan Islam AR-RIDHO
Telephone : 081218437382

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu
  • Lembaga Pendidikan Islam Ar-Ridho yang membawahi beberapa satuan Unit Pendidikan, antara lain:
  • Madrasah Diniyah, TK Islam Terpadu dan SD Islam Terpadu AR-RIDHO
  • Selamat datang peserta didik TKIT & SDIT AR-RIDHO. Selamat belajar mencari ilmu, mengejar cita-cita.
  • Tetap sayangi teman, hormat dan patuh pada guru dan orang tua. Jangan lupa selalu berdoa pada Allah yang maha berilmu.
toggle